Resep Choco Chip & Cheese Blondies (NCC Brownies Week)

Bismillahirrahmanirrahiim

Di NCC atau Natural Cooking Club, beberapa bulan sekali mengadakan event week-week-an kita menyebutnya, hehe. Ajang ini, dalam 4 minggu atau sebulan para member bisa mengirim resep ke email para host yang ditunjuk. Resepnya pun bertema, dulu misal resep bertema cokelat, keju, masakan/makanan tradisional, dll. Nah resep yang sudah dikirim dimuat/ditampilkan di blog NCC Week tersebut. Jadi ini ajang unjuk kebolehan, ajang berbagi resep, ajang berbagi cerita, sekaligus ajang narsis para home baker maupun para profesional, hehe.

Bulan puasa sampai lebaran 2014 kemarin, saya melewatkan ajang week tema hidangan ramadhan/lebaran, duuuh padahal pengen banget kirim resep rawon, tapi namanya bakuler, kalau bulan puasa pasti sibuk dengan pesanan. Jadi benar-benar tidak sempat.

Kali ini, tidak boleh melewatkan lagi. Seperti biasa, hampiiir saja tidak sempat baking dan tidak sempat kirim karena yang diurus pesanan terus, tapi di 1,5 jam terakhir waktu yang ditentukan (pukul 22.30 an), akhirnya bisa mengirim resep ke email host, untungnya jaringan bersahabat jadi tidak ada halangan/gangguan saat mengirim email. Bulan ini tema nya NCC Brownies Week. Rencananya mau baking 2 resep, apa daya hanya ada waktu baking 1 resep brownies. Pagi ini, ada member yang meminta perpanjangan waktu event NCC Brownies Week, semoga saja para host nya mau memperpanjang, jadi saya akan mencoba baking lagi 1 resep brownies.

NCC Brownies Week

Gambar di atas adalah Bagde, setelah mengirim resep brownies, baru kita menunggu mendapat balasan email dari para host beserta Bagde nya. Bagde ini menunjukkan kalau kita sudah berpartisipasi di even week - week an ini. Boleh dipajang di blog, media sosial lain juga bisa.

Kali ini saya mengirim Resep Blondies, blondies ini brownies tapi yang warnanya tidak coklat alias blonde, hehe.
Beberapa waktu yang lalu, untungnya sempat membaca sejarah kue brownies ini. Yang saya ingat, brownies itu kue cokelat (panggang) yang terlupa diberi bahan pengembang, jadinya seperti bantat, tapi tetap enak dimakan, akhirnya diberi julukan 'brownies'.
Silahkan kalau mau membaca sejarahnya, bisa klik ini 'Sejarah Brownies'.

Nah, untuk membaca resep yang saya kirim ke event, klik ini saja Resep Choco Chip & Cheese Blondies (NCC Brownies Week) .

Tapi saya mau coba copas lagi di sini ya.
---


Dear Para Host Manis-Legit,

Untuk kali ini saya setor resep Choco Chips & Cheese Blondies. Resep diambil dari Majalah Femina tahun 2013, mohon maaf lupa edisi berapa, karena saya simpan dalam bentuk scan di komputer. Resep asli berjudul Choco Chip & Almond Blondies.

Saya aslinya jarang membuat brownies karena kesibukan pesanan yang masuk sebagian besar Cake dan cupcake. Saya pilih blondies karena di blog NCCBW sudah banyak sekali resep-resep keren berwarna coklat.

Resep saya eksekusi hari Sabtu 29 November 2014, saya ingat seminggu sebelumnya sudah membeli almond slice, tapi pas saya cari ternyata tidak ada. Jadi saya ganti dengan keju parut. Nah, ternyata palm sugar di rumah habis, terlupa belum membeli, saya ganti dengan gula pasir biasa.

Di resep menggunakan baking powder, tapi saya skip, karena setahu saya brownies itu Cake yang sejarahnya memang tidak memakai bahan pengembang.

Ini saya sudah bersyukur banget bisa setor 1 resep untuk NCCBW, niatnya ingin setor banyak resep, tapi ternyata pesanan masuk tidak ada jeda.

Yang paling membahagiakan adalah, setelah blondies ini matang, anak laki-laki saya (Sulthan 5 tahun) menyukainya, karena aslinya Sulthan ini termasuk picky eater. Kemudian ibu saya juga bilang enak, malah minta dibuatkan lagi.
Terakhir saat saya sodorkan ke suami, suami langsung bilang ini brownies ya? Padahal warnanya kan tidak coklat, hehe. Saya malah balik tanya, koq tau sie ini brownies? Kata suami tekstur kue nya termasuk brownies. Suami pun meminta blondies ini dibawa berangkat ke Bandung.

Resep ini wajib dicoba karena cara membuatnya mudah sekali, tanpa mikser juga. Langsung saja, berikut resepnya :


Choco Chip & Cheese Blondies

Bahan  
100 g cokelat keping/chocolate chip (saya 75 g choco chip)
50 g almond keping (saya 75 g keju cheddar parut)
Bahan basah :
250 g brown sugar/palm sugar (saya 200 g gula pasir)
100 g mentega tawar, lelehkan
2 butir telur ayam (saya 3 butir telur ayam)
1 sdt vanili bubuk
Bahan kering :  
200 g tepung terigu serba guna
1/2 sdt baking powder (saya skip)
1/2 sdt garam 

Cara membuat  
1. Bahan basah: campur semua bahan menggunakan whisk hingga rata. Sisihkan.
2. Bahan kering: ayak, masukkan ke bahan basah, aduk perlahan hingga rata.  
3. Masukkan choco chip dan keju parut, aduk lipat dengan spatula.
4. Tuang ke dalam loyang 30x10cm yg sudah dioles mentega dan ditaburi tepung.  
5. Panggang dalam oven 180°C selama kurang lebih 30 menit. Lakukan tes tusuk. Setelah matang, dinginkan, potong potong, sajikan.

Selamat mencoba.

Salam manis,
Putri Permatasari
www.MiaSweetCake.blogspot.com

---



Salah satu pentingnya mempelajari sejarah yaitu untuk memahami masa lampau dan memahami masa depan :)


Salam semangat belajar terus,
Mia Sweet

Komentar

Postingan Populer