Frozen Cake with Sugar Glass Special Effects (Resep)

Bismillahirrahmanirrahiim.

Mbak Astin, tahun ini untuk ulang tahun Putri (putrinya Mbak Astin) memesan cake tema Frozen (Elsa dan Anna), tahun kemarin memesannya cake tema Hello Kitty. Nah, akhirnya di cake Frozen yang ini, saya berhasil membuat efek gelas kaca dari gula dan sirup *horeee*.

Sebenarnya, saat  membuat cake tema Frozen yang sebelumnya, yang pesanan Mbak Mega, saya sudah 2x mencoba membuat sugar glass ini, tapi 2x juga gagal, hehe. Jadi akhirnya tidak bisa memasang sugar glass nya deh.
Yang pertama, gagal karena adonan gosong, haha, beberapa detik saya lengah dan ternyata langsung menghitam dan bau karamel gosong. Hal ini disebabkan karena terlalu lama di atas kompor dan apinya terlalu besar.
Yang kedua, gagal karena kurang lama dimasaknya, masih ada kandungan air dalam sugar glass nya, jadi saat diloyang sudah berjam-jam didinginkan tidak mau mengkristal/padat, tetap lembek seperti gulali.
Dan akhirnya yang ketiga kali mencoba, berhasil, hehe, alhamdulillah, pengalaman memang guru yang terbaik.

Untuk resep / cara membuat sugar glass, bisa cek di bawah/setelah foto berikut ya.



Yang mana sie sugar glass? Yang hijau itu, yang seperti pecahan kaca :D
Kenapa saya membuat ini, karena melihat di cake Frozen buatan home baker luar negeri banyak yang memakai sugar glass ini. Jadi saya penasaran dong, hehe.

Berikut resepnya :

Resep Sugar Glass Effect

Bahan yang di perlukan :
  • 2 Gelas Air
  • 1 Gelas Sirup
  • 3 1/2 gelas Gula pasir
  • 1/4 sendok teh krim tar tar (saya skip, tidak memakai CTT Cream of Tar Tar)
  • kertas minyak (saya ganti aluminium foil)
Cara Pembuatannya :
  • Campurkan air, sirup, gula pasir. Aduk terus menerus dan panaskan di kompor, Jangan panaskan dengan suhu tinggi karena jika demikian maka akan terbentuk karamel. (tambahkan pewarna jika anda berminat)
  • Panaskan Campuran hingga suhu 150C (gunakan api kecil). Dibutuhkan waktu kira kira 1 jam. Gunakan termometer
  • Perhatikan bahwa pada suhu 84C – 101C akan terjadi penghentian kenaikan suhu. Jangan berpikir bahwa termometer anda rusak. Pada saat ini terjadi penguapan air hingga seluruh air menguap, ketika air sudah habis maka suhu akan kembali naik. Hati hati jangan sampai terkena kulit karena panas.
  • Letakkan kertas minyak ke piring yang datar. Lalu tuangkan cairan secara perlahan ke piring yang telah dilapisi kertas minyak/aluminium foil
  • Tunggu sampai 1 jam hingga kering
  • jika ingin memotongnya, gunakan pisau yang di panaskan dalam air panas.
  • Kaca palsu telah jadi dan bisa anda pakai
Sumber : bisakimia.com


Saat mencoba yang pertama dan kedua kali, saya membuat masing-masing 1 resep.
Tapi saat yang ketiga kali mencoba, saya membuat setengah resep, lalu dituangdi loyang kotak ukuran 22cmx22cm, hasilnya tetap terlalu tebal.

Nah mengapa warnanya hijau? Bukan biru? Ya seharusnya sugar glass ini berwarna biru sesuai filmnya, masalahnya di supermarket tidak menemukan sirup warna biru, jadi memakai sirup melon.

Waktu memberi tahu Mbak Astin kalau yang hijau itu sugar glass, efek kaca dari gula dan sirup, Mbak Astin takjub, karena dikira mainan, hehe.
Mau tau rasanya? Seperti permen lho.

Oiya, saat dipecahkan, otomatis seperti kaca, tajam, jari-jari saya juga sempat terluka. Jadi memang harus hati-hati ya. Sebaiknya tidak diaplikasikan pada kue untuk anak di bawah 5 tahun.

Agar bisa memahami saat membuatnya, silahkan buka You Tube, kemudian ketikkan keywords nya : How to make sugar glass for decoration, special effects, and .. snacking.
Jika bisa melihat video di You Tube ini, bisa membuat tanpa memperhatikan suhu/tanpa menggunakan termometer.



Saya juga tidak memakai CTT/Cream of Tar Tar/Krim Tar Tar, karena CTT ini dibuat dari wine (minuman beralkohol dari anggur), yang tidak halal untuk muslim.
Tanpa CTT tetap berhasil membuat sugar glass ini. Yang terpenting pilih sirup yang kental ya, bukan yang cair seperti air.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Salam sugar glass & Frozen,
Mia Sweet

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer