Tips Telur Saat Baking

Bismillahirrahmanirrahiim.

Waktu membuat prol tape keju, tiba-tiba ingin share tips seputar telur saat baking/cooking.
Awalnya saat sering menerima pesanan rainbow cake beberapa tahun lalu, membutuhkan banyak telur di resepnya. Dan dulu begitu memecah telur langsung saya masukkan ke dalam bahan adonan, celakanya, tidak semua telur bagus, ada kalanya mendapatkan telur yang sudah rusak. Berhubung langsung memecah di atas adonan, saat mendapat telur yang rusak, celaka semua bahan yang dalam wadah, terpaksa dibuang semua bahan tersebut.
Berikut link cara mengetahui telur yang masih segar/bagus.

Tapi, saya punya cara tersendiri saat baking, saat harus menggunakan banyak telur terutama untuk membuat kue, karena saat membeli telur kadang belum tentu bisa memilih yang segar semua.
Caranya adalah, siapkan wadah kecil, bisa mangkuk kecil, di foto saya sedang menggunakan wadah/mangkuk makan sulthan saat bayi :D

Nah setiap memecah telur, pecahkan satu telur saja pada wadah kecil, jika telur masih segar/bagus, bisa langsung dituang (dipindah) ke wadah adonan, kemudian pecah satu telur lagi ke wadah kecil tersebut, jika telur ternyata sudah jelek/busuk, telur yang dibuang hanya 1 itu saja, tidak merusak/mengganggu adonan yang sudah ada. Jika mendapat telur yang busuk, segera ganti wadah kecil yang bersih untuk telur selanjutnya, jangan menggunakan wadah kecil yang terkena telur busuk tadi. Lakukan satu per satu hingga telur yang dibutuhkan dipecah semua. Di foto adonan tape dan gula yang sudah dicampur dengan whisker, saat itu saya membuat 3 resep prol tape, jadi memerlukan 9 telur.

Jangan lupa setelah selesai memecah semua telur, sebelum melanjutkan acara baking, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun tangan juga, karena walaupun kulit telur terlihat bersih, belum tentu tidak ada bakteri yang menempel. Setelah cuci tangan, keringkan tangan dan aktifitas baking bisa dilanjut. Tidak hanya saat selesai memecah telur, setiap akan melakukan aktifitas baking/cooking, selalu biasakan mencuci tangan terlebih dahulu ^_^

Semoga sedikit bermanfaat.



Salam semangat baking,
Mia Sweet

Komentar

Postingan Populer